PROFILE STIKES 'AISYIYAH
PALEMBANG

1.1 Sejarah Singkat

SekolahTinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) ’Aisyiyah Palembang dimulai sejak berdirinya Pendidikan Tenaga Kesehatan ‘Aisyiyah pada tahun 1993 Bermula dari pengarahan yang disampaikan oleh Majlis Pembina Kesehatan Pimipinan Pusat Muhammadiyah pada acara silatuhrahmi Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah tahun 1993 di Palembang.

Selanjutnya didirikanlah Akademi Keperawatan ‘Aisyiyah berdasarkan SK Menteri Kesehatan R. I. No. HK. 00.06.11.03314 tanggal 07 September 1993. Pada 10 Tahun kemudian Pendidikan Tinggi Kesehatan ‘Aisyiyah Palembang  kembali mendirikan Akademi Kebidanan “Aisyiyah” Palembang atas dasar keputusan Musyawarah Wilayah ‘Aisyiyah ke-X di Pagar Alam yang kemudian disahkan oleh Menteri Pendidikan Nasional melalui SK No.136/D/O/2003 pada tanggal 05 September 2003, yang sebelumnya direkomendasikan oleh Departemen Kesehatan RI Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) No.HK.03.2.4.1.2689 pada tanggal 03 Juli 2003

STIKES ‘Aisyiyah Palembang terdiri atas tiga program studi (prodi), yaitu Program Studi Farmasi (Jenjang Strata 1),  ProgramStudiKeperawatan (Jenjang D.III) dan Program Studi Kebidanan (Jenjang Diploma III). Kampus STIKES ‘Aisyiyah Palembang berada di Jalan Kol.H. Burlian No.907 KM 7,5 Palembang. Dari ketiga prodi tersebut program studi D.III Keperawatan terakreditasi B oleh LAM PTKes, Sedangkan program studi D.III Kebidanan yang sudah terakreditasi oleh Badan BAN PT dengan nilai C serta dalam proses akreditasi ulang dan program studi S1 Farmasi masih dalam persiapan akreditasi.

1.2 Visi, Misi dan Tujuan

Sebagai acuan pengembangan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Palembang dalam Rencana Strategis (Renstra) STIKES ‘Aisyiyah Palembang tahun 2014-2019 ditetapkan visi, misi dan tujuan sebagai berikut:

VISI

“Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang menghasilkan tenaga Kesehatan profesial dan Islami, berdaya saing Nasional Tahun  2025”.

MISI

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan/pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi baik akademik, profesi, vokasi dibidang Kesehatan dan Islami.

Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dalam bidang kesehatan.

Menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara islami sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai kontribusi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Mengembangkan kerjasama kemitraan strategis dalam hal pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi dan pendayagunaan lulusan baik di dalam maupun di luar negeri.

TUJUAN

  1. Terwujudnya pendidikan/pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi baik akademik, profesi, vokasi di bidang kesehatan dan Islami.
  2. Terselenggaranya penelitian untuk pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dalam bidang kesehatan.
  3. Terselenggaranya pengabdian masyarakat secara islami sebagai wujud penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.
  4. Terwujudnya kerjasama kemitraan strategis dalam hal pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi dan pendayagunaan lulusan baik di dalam maupun di luar negeri.