Bayi Lahir Lebih dari 4 Kg Belum Tentu Sehat

oleh Fitri Syarifah

Posted: 13/05/2013 18:15
Bayi Lahir Lebih dari 4 Kg Belum Tentu Sehat

Liputan6.com, Jakarta : Bayi yang lahir dengan berat badan lebih dari 4 kilogram (giant baby) belum tentu sehat. Walaupun bayi terlihat sehat karena gemuk, tapi bisa jadi, ibunya mengalami diabetes saat hamil dan bayi memiliki risiko yang sama.

“Jika ada ibu yang melahirkan bayinya dengan berat lebih dari 4 kilogram, maka kita akan tanya riwayat kehamilannya. Apakah ibu memiliki riwayat diabetes atau tidak. Karena dikhawatirkan, bayi memiliki risiko besar diabetes,” kata Staf Divisi Metabolik Endrokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Dyah Purnamasari, SpPD yang ditemui di RSCM Kencana, Jakarta, Senin (13/5/2013).

Bila menemui hal seperti itu, menurut Dyah, dokter akan melakukan pemeriksaan gula darah pada bayi.

“Maka itu, dokter harus jeli mengamati pasien. Apakah pasien memang penderita diabetes atau hanya mengalami diabetes pada saat kehamilan (diabetes gestasional),”ujarnya.

Dyah menambahkan, wanita hamil dengan diabetes harus melakukan kendali terhadap diabetesnya supaya tidak terjadi kelahiran bayi dengan berat berlebih maupun prematur.

(Fit/Abd)

Sumber : www.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

selesaikan soal dibawah ini *