ASI Eksklusif Bantu Turunkan Risiko Diabetes pada Anak

oleh Fitri Syarifah

Posted: 13/05/2013 17:28
ASI Eksklusif Bantu Turunkan Risiko Diabetes pada Anak
Liputan6.com, Jakarta : Air Susu Ibu (ASI) eksklusif ternyata bukan sekadar makanan sehat untuk bayi, tapi juga membantu mengurangi risiko diabetes yang diderita si ibu.

Menurut Staf Divisi Metabolik Endrokrinologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Dyah Purnamasari, SpPD, ASI ekslusif bisa mencegah risiko diabetes yang diturunkan orangtua ke anaknya.

“Dengan menyusui, sebetulnya ibu tidak perlu berusaha ekstra untuk diet karena berat tubuhnya akan turun dengan cepat dan hebatnya ASI ekslusif juga akan menurunkan risiko diabetes bagi bayi,” kata Dyah yang ditemui di Auditorium RSCM Kencana, Jakarta, Senin (13/5/2013).

Menurut Dyah, ASI ekslusif sangat membantu bayi dan ibu. Maka itu pemberian edukasi pasca-melahirkan sangat penting.

“Selanjutnya, kontrol dan edukasi juga harus dilakukan dengan seksama oleh dokter kepada pasien ketika bayi lahir. Evaluasi kesehatan bayi bisa dilakukan melalui proses rawat bersama dokter kebidanan, dokter anak, dan dokter penyakit dalam,” jelasnya.

“Maka itu pemberian ASI ekslusif, mengatur nutrisi bayi, membiasakan bayi aktif dan diberi makan sehat adalah hal penting untuk mencegah bayi obesitas dan terhindar dari diabetes,” tandasnya.

Sumber : www.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

selesaikan soal dibawah ini *